Ikan Sidat Bakar

Januari 23, 2010

Berawal dari bingung mau makan malam apa, malam ini saya nyobain ikan sidat (torpedo?).

Seperti biasa, pas weekend saya pengen makan sesuatu yang berbeda dibanding hari-hari biasa. Bingung mau makan apa, saya menyempatkan buka-buka rubrik Culinary-nya Detik Bandung. Kebetulan artikel paling baru meliput warung “Kampung Ikan Pangandaran” yang terletak di Jalan Tubagus Ismail no 22, Bandung. Warung ini punya menu spesial yang sangat jarang saya temui, yaitu sidat. Kalau di restoran-restoran yang menyediakan menu makanan Jepang, ikan sidat ini disebut unagi. Berbekal rasa ingin mencoba (dan tentunya cukup uang di kantong), saya mampir ke warung tersebut malam ini.

Saya pesan ikan sidat bakar porsi paling kecil seharga Rp 50.000,00 (barangkali sekitar 2 ons). Ikan sidat dipelihara di akuarium di bagian depan warung, jadi bisa pilih sendiri. Sekitar 45 menit saya harus menunggu masakan disiapkan. Saya sampai di warung ketika babak kedua Persib-Persebaya dimulai dan hidangan baru tersaji saat pertandingan sudah memasuki menit-menit akhir. Tidak menunggu lama, saya langsung mencoba 1 iris ikan sidat bakarnya. Kesan pertama, liat. Abis itu, gurih. Enak lah..! Apalagi proteinnya sangat tinggi, makanya orang Jepang suka makan ikan ini. Sebelumnya saya pikir hidangannya berbentuk fillet seperti masakan Jepang, tapi ternyata di sini masih menyertakan tulangnya.

Sebenernya sih merasa kurang dengan porsi yang saya pesan (mungkin karena saya pesan porsi yang paling kecil), tapi untungnya porsi nasinya cukup. Jadi, saya tetap kenyang sepulang dari warung ini. Payahnya, saya malah lupa ambil foto masakannya..😦

5 Responses to “Ikan Sidat Bakar”

  1. rifer Says:

    skarang harganya 200rb / ons pek.
    bruntung kali kau pek 🙂
    pengen nyoba, tapi sayang euy, masak skali makan kena 500 rb

  2. Sidat Says:

    wah mahal juga ya pak makanan nya, 500 rebo bisa dapet mie ayam berapa mangkok tuh,hehehe….
    Sidat Kita

  3. tian Says:

    yang bkin mahal mungkin sidat tuh blum bisa dibudidayakan yah?

  4. endang Says:

    Menawarkank ikan sidat:
    a.berbagai ukuran
    b.bibit ikan Sidat
    c.belut sawah (biasa)

    terima kasih sebelumnya
    untuk info lebih lanjut hubungi kami
    HP : 087 882 882 972 / 085 88888 73 72

  5. seli_usel Says:

    wah mahal buanget.


Tinggalkan Balasan

