Presiden Guyonan

Januari 24, 2009

Presiden Guyonan
Presiden Guyonan by Butet Kartaredjasa


My review


rating: 4 of 5 stars
Tidak hanya monolog-nya yang enak didengar dan aksi panggungnya yang menawan, tulisan-tulisan Butet Kartaredjasa sangat menarik dibaca. Contoh nyatanya adalah tulisan-tulisan Butet yang dikumpulkan dalam buku ini –yang menjadi seperti otobiografi, karena penokohan keluarga Mas Celathu diilhami dari keluarga Butet sendiri. Dengan tulisan yang ringan dan dibumbui ‘guyonan’ di sana-sini –meskipun juga dipenuhi kritik sosial– membuat saya ringan untuk melaju dari satu halaman ke halaman lain, dari satu tulisan ke tulisan lain.

Kritik sosial yang disampaikan Butet tidak jauh-jauh dari permasalahan politik dan korupsi. Meskipun demikian, Butet dapat berdiri di sebuah posisi netral dan memberikan kritik secara berimbang. Misalnya di satu tulisan, Butet mengkritik Presiden SBY yang tidak kunjung mewujudkan janjinya saat kampanye pemilu dulu untuk mendirikan Kementerian Kebudayaan, tetapi di tulisan lain Butet membenarkan kemarahan Presiden SBY kepada peserta sidang/rapat yang tidak mengikuti sidang/rapat dengan baik –dimana di banyak media, sikap Presiden SBY ini dianggap showoff.

Banyak istilah dalam bahasa Jawa yang cukup asing, bahkan bagi saya yang juga orang Jawa ini, dipakai dalam tulisan-tulisan Butet dalam buku ini. Untungnya, di bagian belakang buku, terdapat kamus mini yang menerjemahkan istilah-istilah tersebut.

Kesalahan ketik banyak ditemui sepanjang perjalanan saya menyelesaikan buku ini. Tetapi saya kadang-kadang bingung, apakah suatu ‘kejanggalan’ merupakan salah ketik atau memang diniatkan seperti itu, contohnya penggunaan imbuhan ‘ng’ dalam kata ‘semakin’ sehingga menjadi ‘semangkin’. Saya juga kepikiran apa ‘kesalahan’ tersebut karena budaya gaul Jogja yang suka mbolak-mbalik huruf itu, seperti halnya kata ‘matamu’ bisa menjadi ‘dagadu’. ^_^

View all my reviews.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: