Eyang-Tetangga-Sebelah-Rumah Meninggal Dunia

Oktober 7, 2008

Innalillahi wa inna ilaihi ro’jiun..

Sore tadi, eyang tetangga sebelah rumah meninggal dunia. Jenazah beliau ditemukan di kamar mandi rumah yang ditinggalinya sendiri. Kuat dugaan beliau terpeleset ketika akan mandi sore, karena pada pukul setengah lima sore beliau masih terlihat menyapu jalan depan rumah.

Kondisi rumah yang masih gelap sampai menjelang maghrib menimbulkan kecurigaan tukang antar catering yang biasa mengantar makanan untuk beliau. Setelah memberitahu sebagian warga, termasuk Pak RT, tukang antar catering ini akhirnya memanjat atap dan melihat adanya kaki di kamar mandi. Dengan persetujuan menantunya, warga berusaha mendobrak pintu depan dengan linggis, meskipun pada akhirnya pintu dapat dibuka dengan ‘baik-baik’ karena ternyata tangan saya mampu menjangkau kunci pintu dari celah jendela yang dapat dibuka.

Atas usulan Pak RT, warga melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian dengan maksud jika ada yang mencurigakan dapat segera dilakukan penyelidikan. Warga pun kemudian tidak ada yang berani untuk menyentuh jenazah yang tergeletak di kamar mandi. Tetapi setelah sang anak datang dan melihat jenazah ibundanya, dia langsung meminta warga untuk melakukan perawatan jenazah ibundanya. Jadi, ketika polisi datang, jenazah sudah disemayamkan di ruang tamu dan polisi hanya mencatat identitas korban dan saksi-saksi, serta penuturan saksi-saksi dari tentang timbulnya kecurigaan sampai dengan ditemukannya jenazah di kamar mandi.

Meskipun saya tidak mengenal beliau, saya merasa kasihan pada pensiunan Polwan yang berusia sekitar 80 tahun ini. Di masa tuanya, beliau hidup sendiri tanpa seorang pun yang menemani. Menantunya, yang notabene seorang pengusaha sukses,  beberapa kali menyatakan bahwa sang mertua menolak untuk hidup bersama keluarganya. Saya berusaha untuk tidak berprasangka buruk, tetapi repetisi pernyataan tersebut membuat saya berpikir bahwa sang menantu hanya mencari pembenaran.

Semoga saya masih bisa merawat kedua orang tua dan tante yang telah merawat saya  sejak kecil di masa tua mereka.

One Response to “Eyang-Tetangga-Sebelah-Rumah Meninggal Dunia”

  1. baguspewe Says:

    Wah.. menggugah hati..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: