Pengenalan MATLAB

Maret 15, 2008

Semester ini saya dipercaya menjadi salah satu asisten praktikum PSD (Pengolahan Sinyal Digital).. Topik modul pertama dalam praktikum ini adalah pengenalan MATLAB.. Dan ternyata yang butuh lebih mengenal MATLAB tidak hanya praktikan, tetapi juga saya, tidak sebagai asisten tetapi sebagai mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir..

Tugas akhir saya memang sangat berkaitan dengan pengolahan sinyal digital dan perangkat lunak yang saya gunakan sampai saat ini adalah MATLAB.. (Saya sebenarnya sudah berusaha mencari dan mencoba alternatif perangkat lunak lain yang legal, seperti Scilab dan Octave, tetapi untuk porting source MATLAB yang ada cukup susah..) Ketika menjadi asisten modul pertama, dalam hati saya berharap tugas akhir saya juga sama mudahnya.. Tetapi ternyata tidak..

Sudah beberapa hari ini saya memodifikasi source MATLAB yang diberikan dosen.. Sangat memusingkan, karena kurangnya komentar-komentar yang disertakan dalam source code-nya.. Semalam saya scripting program untuk melakukan otomasi dari rangkaian proses yang saya butuhkan.. Setelah selesai, saya langsung menjalankannya dan saya tidur (prosesnya cukup lama jadi saya tinggal tidur, lagipula saya sudah sangat mengantuk :P)..

Pagi-pagi saya bangun, prosesnya masih berjalan.. Dengan mata yang masih berat saya mengecek bagian debugging yang sengaja saya buat.. Dan mata saya langsung melek ketika tahu, proses mengalami infinite loop di nilai variabel 1.. Setelah cek sana-sini, ternyata saya salah dalam penggunaan syntax for dan while.. Saya jadi ingat bahwa sebelumnya saya tidak melihat help untuk mengetahui aturan penggunaan syntax tersebut..

Pelajaran hari ini:

  1. Saya belum terlalu mengenal MATLAB, dibuktikan dengan aturan penggunaan syntax yang tidak saya ketahui
  2. Read The F*cking Manual (RTFM)

One Response to “Pengenalan MATLAB”

  1. Ari Kuncoro Says:

    Semangat!!!
    MATLAB sangat membantu kita dalam mengerjakan tugas akhir. Cuman, script nya memang memusingkan kalau udah yang standar final project ini.


Tinggalkan Balasan

