Deadliner

Februari 26, 2008

Gak mahasiswa, gak dosen sama aja..

Mahasiswa ma dosen tu bagaikan simbiosis, yang kadang mutualisme ato malah seringnya parasitisme.. Kalo mahasiswa deadliner, mungkin dampak ke dosen gak terlalu besar.. Karena saya yakin kalo dosen gak mungkin ngasih deadline buat mahasiswa, H-1 sebelum sang dosen harus mengeluarkan nilai.. Sebaliknya, kalo dosen yang deadliner, dampak ke mahasiswa cukup besar.. Misalnya saja kemaren ketika saya merasa tidak puas dengan nilai yang diberikan dosen, saya jadi tidak punya cukup waktu untuk mengajukan keberatan pada dosen yang bersangkutan.. Contoh laen mungkin adalah ternyata seseorang tidak lulus suatu mata kuliah dan harus mengambil kembali, ia tidak memiliki cukup waktu untuk merencanakan studinya dengan baik, misalnya dengan merombak rencana studi berdasarkan apa yang harus diambil dan apa yang perlu diambil.. Contoh laennya adalah pada kasus-kasus dimana transkrip nilai adalah hal yang krusial, misalnya dalam pengurusan beasiswa.. Dengan adanya nilai yang belum keluar, transkrip menjadi tidak lengkap dan pada beberapa kasus hal tersebut menyebabkan pihak (calon) pemberi beasiswa akan mempertanyakan kredibilitas seseorang sebagai (calon) penerima beasiswa..

Parahnya lagi jika ada nilai suatu mata kuliah yang tergantung pada nilai mata kuliah yang lain.. Misalkan saja nilai mata kuliah A yang tergantung pada nilai mata kuliah B.. Meskipun mungkin dosen mata kuliah A tidak bermaksud menjadi seorang deadliner, ia akan menjadi korban efek domino ketika dosen mata kuliah B berlaku sebagai deadliner..

Kenapa dampaknya begitu berbeda? Karena ketika mahasiswa menjadi deadliner, yang menetapkan deadline adalah dosen.. Sedangkan ketika dosen menjadi deadliner, yang menetapkan deadline bukanlah mahasiswa.. Jadilah mahasiswa sebagai pihak yang menjadi korban..

Jujur saja saya juga sering berlaku sebagai seorang deadliner, tapi saya merasa tidak merugikan siapa pun.. Bahkan kalo pun ada yang dirugikan, orang tersebut adalah saya sendiri..

(barangkali ni tulisan nglanjutin tulisannya Bob)

One Response to “Deadliner”

  1. irvan132 Says:

    curhat ya…😀
    buru2 banget sih lo kuliahnya.

    *indah banget bulan juli nanti. hihihi

    -IT-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: