Morse di HaPe dan Ujian Amatir

September 10, 2007

Beberapa malam yang lalu, tidur saya terganggu oleh suara ringtone hape entah-milik-siapa.. dididih dadah dididih.. dididih dadah dididih.. Berulang hampir tiap 5 menit.. Awalnya saya cuma mikir, mbok ya kalo malem-malem ringtone hape-nya di-silent biar gak ganggu orang yang tidur.. Tapi, lama kelamaan saya baru sadar 1 hal, ringtone tersebut merupakan kode morse..

Coba perhatikan, dididih dadah didih.. Dalam simbol menjadi ••• –– •••.. Dan dalam kode morse, simbol tersebut merupakan representasi dari huruf S, M, S..

Setelah beberapa lama, saya mulai mempelajari kode morse lagi menjelang ujian amatir radio yang sudah terlaksana pada Sabtu, 1 September yang lalu.. Meskipun tidak belajar dari nol lagi (dulu waktu SD pernah hafal, sampe2 statusnya telik sandi SD ^_^), rupanya cukup sulit untuk menghafal semua huruf, angka, dan simbol-simbol yang ada.. Yang pasti sangat terasa sulit adalah latihan mendengar kode morse dan mengerti apa isinya.. Gak tau tuh karena dulu waktu SD pembinanya memang ngasih yang speed-nya rendah ato telinga saya sekarang yang agak bermasalah.. Moga-moga aja karena alasan yang pertama.. ^_^

Bahkan, waktu ujian aja saya hanya berhasil menyelesaikan 1 baris (25 huruf).. Sisanya, nyontek scooterboyz.. Dan, scooterboyz nyontek sebelahnya.. Dan, sebelahnya nyontek sebelahnya lagi.. Dan begitu seterusnya.. Gak tau ujungnya siapa.. Gak tau juga bener ato gak.. Yang pasti 1 baris yang saya denger sendiri bener.. ^_^ Eh, tapi itu buat yang ujian menerima (ngedengerin) lho.. Kalo yang ujian mengirim (nulis), saya mah lancar jaya.. ^_^

12 Responses to “Morse di HaPe dan Ujian Amatir”

  1. arie Says:

    oiya, setidaknya hafalin kode morse buat SOS.. kali aja butuh.. ^_^

    ••• ––– •••

  2. Fajar Says:

    itu kalo gak salah nokia punya kan ringtonenya
    dulu malah saya kira itu s.o.s bukan s.m.s🙂

  3. arie Says:

    @Fajar
    ho oh..
    klo gak salah nama ringtone-nya Special.. ^_^
    awalnya, saya juga ngira kode SOS..
    tapi, setelah didengerin lagi ternyata SMS.. ^_^

  4. irvan132 Says:

    penting emang bagi pencinta radio.
    gw sih sekedar tau aja.😛

    -IT-

  5. arie Says:

    @irvan132
    saya cinta wanita, Bob..
    gak cinta radio.. ^_^

  6. scooterboyz Says:

    HAlo kk..

    Orang yang kau contekin muncul disini..:D:D:D:D

  7. arie Says:

    @scooterboyz
    halo bro.. ^_^

  8. ajissi Says:

    hehehe…
    sebenernya itu bukan ujian morse pak…
    tapi ujian komunikasi dari ujung satu ke ujung lainnya..apakah hasil contekan di ujung akhir sama dengan sumbernya… hahahaha…

    semangat bro….

  9. reditya Says:

    wah, keren pak. callsign-mu opo saiki rie ?

  10. arie Says:

    @aji
    berarti masih ada hubungannya ma radio amatir..
    kan komunikasi juga..😀

    kata Pak Harliman (Orlok Gedebage), radio amatir tu gak melulu teknis, termasuk soft (social) skill juga..
    salah satunya ya itu, bekerjasama..😀

    @reza
    belum dapet, pak..
    SKKAR belum keluar, jadi belum bisa ngurus IAR (callsign)..
    btw, katanya di Jepang radio amatirnya bagus lho..
    mbok dirimu juga mendalami hobi ini..😀

  11. scooterboyz Says:

    –>”kata Pak Harliman (Orlok Gedebage), radio amatir tu gak melulu teknis, termasuk soft (social) skill juga..
    salah satunya ya itu, bekerjasama.. :D”

    Bener banget kk..
    Ngakak aku waktu denger pak harliman ngomong gini..Jadi seolah nyontek itu sudah merupakan kebiasaan..😀

    BTW,kapan nih SKKAR kluar??

  12. arie Says:

    @scooterboyz
    kalo saya sih nangkepnya bekerjasama, salah satunya dalam ujian, juga mungkin dilakukan..😀

    belum tau tuh SKKAR keluar kapan.. padahal udah ngebet mau ngurus IAR biar dapet callsign..


Tinggalkan Balasan

