VO2Max

Juli 18, 2007

Mengesampingkan berbagai teori konspirasi yang berkembang, kekalahan menyakitkan timnas Indonesia dari Arab Saudi pada pertandingan tanggal 14 Juli lalu disebabkan oleh kelelahan yang mendera sejumlah pemain. Dapat kita lihat sendiri, pemain sekelas Elie Aiboy pun harus digantikan karena kelelahan. Kelelahan yang bahkan mendera pemain-pemain kunci ini menyebabkan turunnya konsentrasi pemain. Dan tanpa konsentrasi yang prima terhadap permainan, sudah hampir dipastikan kekalahanlah yang akan diderita.

Cepat atau lambatnya kelelahan didera oleh seorang pemain dapat diperkirakan dari kapasitas aerobik pemain yang bersangkutan. Kapasitas aerobik menunjukkan kapasitas maksimal oksigen yang dipergunakan oleh tubuh (VO2Max). Dan seperti kita tahu, oksigen merupakan bahan bakar tubuh kita. Oksigen dibutuhkan otot dalam melakukan setiap aksinya. Dan semakin banyak oksigen yang diasup oleh tubuh menunjukkan semakin baik otot bekerja sehingga zat sisa yang menyebabkan kelelahan jumlahnya minim. VO2Max diukur dalam banyaknya oksigen dalam liter per menit (l/min) atau banyaknya oksigen dalam mililiter per berat badan dalam kilogram per menit (ml/kg/min).

Seorang atlit kelas dunia biasanya mencapai 80 ml/kg/min (sumber: Wikipedia). Bagaimana dengan pemain-pemain timnas kita? Ivan Kolev menuturkan bahwa VO2Max rata-rata pemain timnas berada pada kisaran 60 ml/kg/min. Sangat kontras dengan pemain-pemain sepakbola profesional lain yang dapat mencapai angka 70 ml/kg/min (sumber: Kompas).

Korsel, lawan yang akan dihadapi timnas Indonesia sore nanti, dapat dipastikan memiliki rata-rata nilai VO2Max di atas Indonesia. Sejumlah pemain Korsel tercatat berlaga di liga-liga besar Eropa. Pola latihan yang diberikan pada tim-tim liga Eropa jelas sangat berbeda dengan tim-tim Liga Indonesia, dimana banyak pemain timnas berlaga. Dapat dipastikan pula secara kualitas, program latihan tim-tim lokal Indonesia jauh di bawah. Dari situ, dapat diprediksi pemain-pemain kita akan lebih cepat didera kelelahan daripada pemain-pemain lawan. Sekarang, tinggal bagaimana Ivan Kolev mengatur strategi agar kelelahan pemain tidak menjadi sebuah lubang yang dapat dimanfaatkan lawan. Dengan kegigihan pemain seperti yang ditunjukkan pada pertandingan melawan Arab Saudi plus strategi yang jitu, Indonesia sangat mungkin mengimbangi permainan Korsel. Bahkan dengan dukungan puluhan ribu yang akan memadati Senayan, tidak mustahil Indonesia dapat memenangi laga, mencetak sejarah masuk ke 8 besar, dan mematahkan semua hitungan di atas kertas, termasuk angka VO2Max.

Dan, ingat.. INI KANDANG KITA !! ^_^

8 Responses to “VO2Max”

  1. firman Says:

    udah dikasih minum m*zone banyak2 aja pemain indo…

    wakakakaka

  2. arikuncoro Says:

    iya tuh…mizone, pocari sweat, power rade… haha

  3. arie Says:

    iklannya mizone pas banget tuh..

    awas kecolongan !!

    kecolongan gol, maksudnya.. ^_^

  4. Fajar Says:

    ah saya tidak terlalu berharap

  5. Kisdi Says:

    kalo pemain dah cape..ganti dong sama yang lebih seger biar makin fresh permainannya…kalo emang VO2 maks nya lebih rendah

  6. arie Says:

    makanya mas,,
    strategi Kolev juga penting banget..
    sayang, pemain penggantinya “gak ada”..

  7. Fajar Says:

    apa saya bilang

    jangan terlalu berharap !!
    👿

  8. jsubianto Says:

    apa nama alat yg dipake utk mngukur VO2 max.? dpt dibeli dmn & brp hrgax? tolong infox.tk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: