Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS

November 20, 2008

Dear pembaca yang budiman, rupanya tulisan saya yang satu ini merupakan top post di blog ini. Bahkan, sampai saat ini (Mei 2011) masih banyak yang mengaksesnya dan banyak pula yang meninggalkan komentarnya. Mohon dicatat bahwa tulisan ini dibuat pada November 2008. Oleh karena itu, boleh jadi informasinya tidak lagi valid. Terima kasih.

Sejak tahun 2004 yang lalu, Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Provinsi Jawa Tengah memberikan layanan informasi pajak kendaraan bermotor via SMS. Untuk menggunakannya, cukup ketik “JATENG <spasi> <nomor polisi kendaraan>”, misalnya “JATENG AD5918EA” atau “jateng ad5918ea” (case-insensitive), dan kirim ke nomor 7070. Setelah itu, tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapatkan SMS seperti berikut. (Saya tata sedikit agar mudah dibaca.)

SURAKARTA;
AD5918EA;
SPM/SEPEDA MOTOR;
HONDA/ND125;
2004;
HITAM;
MASA PAJAK:17-04-2009;
PKB: Rp 130.500;
BBN2: Rp 87.000;
JR: Rp 35.000;
(LUNAS);
SKA

Dalam SMS tersebut kita mendapatkan informasi singkat mengenai kendaraan dan hal-hal yang berkaitan dengan pajaknya. Untuk diketahui, PKB adalah Pajak Kendaraan Bermotor, BBN2 adalah Bea Balik Nama, dan JR adalah Jasa Raharja. Layanan ini berguna bagi Anda saat Anda ingin membeli kendaraan bermotor karena sejauh yang saya tahu, pajak kendaraan bermotor merupakan satu hal penting dalam penentuan keputusan transaksi Anda. ^_^

Dalam berita yang dirilis Suara Merdeka pada tanggal 16 Oktober 2004, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Provinsi Jawa Tengah Drs Kusdijanto BW MM mengutarakan bahwa:

”Memang, kami merahasiakan nama pemilik mobil/sepeda motor. Sebab, kami khawatir informasi pemilik mobil itu bisa dimanfaatkan orang-orang yang punya niatan tidak baik. Sungguhpun informasinya hanya singkat, namun bisa memberi gambaran berapa yang harus dibayar wajib pajak atas mobil atau sepeda motor bekas yang akan dibeli, termasuk memastikan bahwa kendaraan bermotor itu bukan barang curian.”

Sebab, jika mobil bekas itu barang curian, maka jawaban yang akan diterima di ponsel itu, misalnya : H338RS, diblokir. Dilaporkan hilang dicuri dst, dst.

Sayangnya, setelah 4 tahun layanan ini berjalan, informasi mengenai kendaraan bermotor yang dicuri belum juga berjalan dengan baik. Buktinya adalah SMS yang saya cantumkan di atas. Data tersebut merupakan data kendaraan bermotor yang telah “dipinjam” orang sejak Juli 2008 yang lalu. (Baca kisah tersebut di sini.) Padahal, hilangnya kendaraan ini telah dilaporkan ke pihak Kepolisian pada hari itu juga. Kalau sampai detik ini data pajak kendaraan masih ditampilkan dengan normal, tampaknya koordinasi Polri dengan Dispenda tidak berjalan dengan baik.

Di kemudian hari, saya harap koordinasi Polri dengan Dispenda dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian, setiap pencurian kendaraan bermotor yang dilaporkan ke Kepolisian dapat langsung diketahui oleh Dispenda, sehingga Dispenda dapat segera meng-update informasi kendaraan terkait dalam sistemnya dan memberikan informasi yang benar kepada orang yang membutuhkan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, format SMS-nya adalah “METRO <spasi> <nomor polisi kendaraan>”, misalnya “METRO B1234XYZ” atau “metro b1234xyz”, dan dikirim ke nomor 1717.

79 Responses to “Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via SMS”

  1. timbang Says:

    kalo buat jogja gimana formatnya and dikirrim ke nomer brapa??

    • haryono Says:

      SMS KE 7070 JATENG SEKARANG PAYAH SELALAU DLM KEADAAN RUSAJ BEGINI JAWABNYA :SERVICE TEMPORAILY UNAVAILABLE……..? JADI YA….sma aja boong.maunya kan cek mobil ttg pajak..eh gak bisa juga thun kematrin bisa lancar bagus.

      • tulus Says:

        sama dong gak bisa juga ak coba cek jawabnya Connection to External Script Failed gimana nih……….samsat jangan bikin mangkel klo mang gak bisa di pakai jangan di sponsoin dong

      • oprion Says:

        Sama barusab cek sms ke 1717 selalu jawabannya “maaf keyword salah”
        Bahh..bisa punya fasilitas tapi gak sanggup maintenance buat apa!!
        Cuma habisin anggaran negara saja..
        Capek kerja dg bangsa budaya kayak gini, ga pernah bisa berubah..!

    • aaaassss Says:

      SMS sudah ganti di nomor 9600, dan bukan 7070 lagi

  2. Joko Says:

    Makasih banget infonya. Sangat membantu saya dan rekan2 lain yg mau pajak kendaraan mereka. Trims.

  3. nova Says:

    ada info cara mendirikan pajak online


  4. baru tau ane tentang itu

  5. Darmawan Says:

    Untuk Jateng sudah ada sistem Onlinenya,tapi 2 minggu ini ngadat tidak bisa dibuka. Untuk kawan2 yang tahu alamat Online pajak Motor selndonesia,tolong di Posting! matur nuwun..

  6. widiyanto Says:

    WAH INI SANGAT MEMBANTU, TAPI KIRA-KIRA ADA GAK YA DENGAN CARA ON LINE……?

  7. agus Says:

    kalo wilayah yogyakarta gmana caranya

  8. andre Says:

    saya coba kirimkan dengan data nopol kendaraan saya tapi jawaban yang ditampilkan “Layanan Info Pajak Kendaraan. Data Nopol H6541ww belum terupdate di data sms. Dokumen yang sah adalah STNK. Terima kasih” ini maksudnya apa ?

  9. galih Says:

    yang bwat info sms kalimantan teng bagaimana terimakasih

  10. jamil Says:

    klo willayah bandung formatnya gmn dan dkirim ke no berapa…mohon penjelasan mksh

  11. noegroho Says:

    mohon info sms pkb untuk jatim ke nomor berapa?tksh

  12. MAME Says:

    Wah makasih bgt inPhonya, sibuk ngurus Tesis ma nikahan mlh lupa byr pajak mtr. dah telat 4 bln. jadi bs ngecek dendanya brp… hiks..hiks.. lumayan banyak

  13. joko ariyanto Says:

    saya mau mutasi sepeda motor honda prima tahun 1991, dari surakarta mau saya mutasikan keklaten, yang ingin saya tanyakan:
    1. berapa hari untuk mengurus sampai selesai
    2. berapa biaya total pengurusan pajak sampai atas nama saya

    terimakasih atas informasinya

  14. khamim Says:

    salam…

    kenapa cek pajak kendaraan via sms tersebut sekarang tidak berjalan, dan ternyata masih tetap terkena biaya sms walaupun balasannya ‘UNKNOWN KEYWORD’….???

    kalo ternyata layanan tersebut sudah tidak berjalan mohon informasi tersebut segera dihapus atau dikonfirmasikan supaya tidak ada banyak pihak yang tertipu dan dirugikan…..

    terimakasih…

  15. subroto Says:

    kalau mau chek pajak kendaraan via sms ke wilayah bogor gimana ya ….? misal JATENG H3485DM KIRIRM KE 7070 , NAH KALAU MAU CHEK KE WILAYAH JABAR ( BOGOR ) GIMANA YA …? terimakasih .

  16. brospeed Says:

    layanan ini masih berfungsi kaga ya?
    karena tiap aku sms jawabannya ‘UNKNOWN KEYWORD’ terus???
    bagaimana tanggapan dari pihak terkait soal ini???

  17. Nanang Says:

    saya kirim dan terkirim tetapi jawabannya unkwnown keyword. Maksude piye tho…….?
    padahal kirime wis bola-bali tur nganggo nomer lain…………………………

  18. dedi Says:

    untuk cek STNK wilayah Polda Jabar, cukup mengetikkan
    POLDAJBR no_polisi

    dan kirim ke 3977. Tarif Rp. 2000/SMS

    • Fendi Says:

      dah egk aktive

    • army Says:

      percuma..ga bisa untuk jabar..pantes banyak penipuan dan penggelapan di jabar..
      ngabisin pulsa lagi…

      • cobra Says:

        YA BETULAH PENIPUAN UKNOM SEMUA.INFORMASI PEMBAYARAN PAJAK JUGA GAK ADA YANG BENAR GAK PERNAH MASUK.DISIPLIN CEK TGIHAN PLN DARIPADA PJAK KENDARAN.SELALU DI UMPETIN GAK TERBUKA TAKUT PARA CALO SAMSAT GAK KEBAGEAN PULUSSSS HA.HA.HA

  19. riderhentai Says:

    tqs2 atas infonyaa

  20. Joko Says:

    Informasi diatas sudah basi.
    Banyak pertanyaan yang tak terjawab, padahal sangat dibutuhkan.
    Tolong bagi Admin segera meng Update. Atau postingan ini dihapus saja.

  21. Munardi Says:

    Sekarang kok enggak bisa lagi jawaban nya keyword anda salah Gimana ini?

  22. Agus Cahyono Says:

    Jawabane ko suwi timen tah..

  23. deka Says:

    sy ketik n kirim ke 3977 isi : POLDAJBR_nopol ko yg muncul network congestion? sebenrnya msh jalan g? udh 10x coba, jgn2 terpotong puulsanya

  24. winarto Says:

    Coba kirim sms tapi jawabane unknown keyword, wah jan rak keno dipercoyo… tuwas kelangan pulsa. Hayooo siapa yang harus bertanggungjawab, padahal gaji dah pada direnumerisasi “tambah gajine pelayane kok ra melu tambah”… hik.. ihik… ihik.


  25. kalo wilayah bali gimana caranya

  26. dita Says:

    ke no brp sih untk cek kepemilikan kendaraan sidoarjo n apakah sih arti pajak progresif ke I?

  27. paijho Says:

    yang betul untuk cek daerah bandung gimana??????
    3977 bukan polda jabar tapi buat ngabisin pulsamuu,—————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————-

  28. memet Says:

    mau tanya klo cek online sms polda sulsel (makassar) punya keyword nya. tq

  29. syafriwal Says:

    mau tanya cara ngecek status pajak mobil avanza 2008 no pol B 1648 WVA,samsat daerah banten? trims

  30. subardi Says:

    percuma pke sms,g ad mutunya,sudah dcoba via sms tp biaya yg ingin diketahui tdk ad,cm ad ket motor n jtuh tempo.malah dsuruh hub samsat terkait.please di update lg!!!!!!…..

  31. tono Says:

    lho kok sms ‘7070’ utk cek pajak kendaraan tidak dijawab-jawab? masih aktif ato sudah wafat? terus klo mo nanya pajak kendaraan semarang kemana?

  32. joko Says:

    kok balesannya UNKOWN KEYWORD ya??
    apa yang salah??

  33. karto Says:

    sms 7070 sudak K.O. situs samsat juga sudah K.O. superpayah……ada apa dg samsat jateng ya…..jatim, jabar, metro aja online terus…..

  34. sartono Says:

    itu dia…saya mau tanya, saya sudak melakukan pajak motor, tp setelah saya cejk ke 7070 koq masa pajak saya belum berubah ya ( masih di tahun yang sama )…info dari 7070 ini masih valid gk sich??

  35. paijo Says:

    Sudah ga update sejak 2007…. masa masih saja ditampilkan denda padahal pajak masih jalan.

  36. Slamet Widodo Says:

    Saya tidak pernah telat untuk bayar pajak sepeda motor Mio Soul AD 6117 Em, tetapi dalam tampilan jumlah pajak th 2011 ada denda sejumlah Rp.30.375,-mohon diberikan penjelasan, trims.

  37. Slamet Widodo Says:

    Mohon maaf masih kurang yg perlu saya tanyakan….itu ada BBN2 sejumlah 81.000 itu maksdunya apa………….? trims

  38. Slamet Widodo Says:

    Mohon maaf masih kurang yg perlu saya tanyakan….itu ada BBN2 sejumlah 81.000 itu maksudnya apa………….? trims

  39. Purwono Says:

    Udh saya tanya kan ke penerangan 116.no sms 7070 tdk berlaku.

  40. dui Says:

    saya cek ke 7070 sudah g bisa, gmana sebenarnya masih berlaku apa tidak via sms ini??? thank’s

  41. sriyonowere Says:

    minta tolong, klu untuk info data kendaraan daerah bogor gmana? Makasi,

  42. anik Says:

    ada yang tahu untuk wilayah DIY nomor tujuaanya berapa?

  43. tarsono Says:

    bagaimana cara ngecek pajak kendaraan bermotor

  44. Endang Says:

    Jateng emang paling KERE….nggak bisa cek via ONLINE, jan kere tenan, KORUPSI aja digede-gedein, giliran layanan masyarakat,….sak udel’e dewe, satu kata :”KERE”

  45. Cah_sumpiuh Says:

    Untuk cek kendaraan Jateng klik situs ini http://dppad.jatengprov.go.id/pajak_kendaraan.php

  46. Naluw Novi Says:

    klo mau cek pajak kendaraan wilayah jatim, jateng, dan wilayah jakarta mudah kok –>

    ssf(spasi)01pkb(spasi)nopol dengan spasi
    Contoh :
    ssf 01pkb w 2702 rs
    Tarif Rp.1000/sms(XL,Esia,Telkomsel,Smartfren)
    dicoba yah agan2

  47. nur Says:

    Halah biasa layanan polisi indonesia ga ada yang beres, mau yang metro mau yang jateng semuanya memble, besar pasak daripada tiang, maunya njiplak amerika tapi apa daya mental dan intelektual jongkok, maka yang terjadi cuma bancakan duit pajak, … duit kita2 …., saya coba yang metro sama sekali tidak ada jawaban, yang jateng jawabannya nopol belum terupdate …. padahal saya butuh banget informasi, itulah potret intelektual jongkok polisi indonesia ….


  48. UNTUK WILAYAH NTB GMN BANG

    • Naluw Novi Says:

      Masih belum gan, sementara masih wilayah jatim, jateng, DKI jakarta.. Mohon dukungannya dari agan supaya bisa untuk seluruh Wilayah Indonesia kita tercinta ini :D :D

  49. anna Says:

    Coba di website Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Jateng http://dppad.jatengprov.go.id/pajak_kendaraan.html

  50. Syafruddin Says:

    Adakah untuk daerah kaltim,yg separti ini untuk warga kaltim

  51. semar Says:

    Ketik : Jateng(spasi) NOPOL
    Kirim ke 9600

  52. pendoel Says:

    sudah tidak VALID infonya, yg salah itu yang menamakan diri “PARA PELAYAN MASYARAKAT” awalnya doang menunjukan loyalitasnya terhadap masyarakat…. selanjutnya bohong semua, jadi menurut saya admin ga salah

  53. DHIKA Says:

    SELALU DAN SELALU TERTULIS; “format salah” ini bukan ONLINE tapi BOLAN BALEN.

  54. nandar Says:

    kalau untuk daerah bali gimana format smsnya gan?

  55. ega blegendog Says:

    Just info aja kalo jogja n jateng sementara saya pake xl dan m3
    DIYspasiNOPOL kirim ke 9600 misal DIY AB 2028 RH (untuk Jogja)
    JATENGspasiNOPOL kirim ke 9600 misal JATENG K 2050 PN (untuk Jateng) biaya Rp.500,- (blm PPN)

  56. febri strip Says:

    Wah jhan entrane piye to,
    Wes tk cobo sik diy kok tetep ora iso, blsane ming keyword yg anda masukan salah trus,paiyahh tnan no play

  57. naluwnovi Says:

    Maaf untuk update terbaru baru bisa menginfokan sekarang, program SSF(spasi)01PKB sudah tidak diperpanjang karena web dari samsat/polres sendiri sudah berganti sistem. Jadi kami gak bisa lanjutin programnya . Thanks
    Mohon maaf sekali lagi baru menginfokan :)


  58. It’s going to be finish of mine day, but before end I am reading this wonderful post to improve my know-how.

  59. mar bee Says:

    cara via sms wilayah banten serang gimana gan,,???

  60. 99792934 Says:

    gan,, kalo mau cari tau nama pemilik kendaraanya dari nopolnya aja bisa ga sih? ada yang bisa bantu? thnx

  61. Den Bagus Paijo Says:

    SMS PKB Onlne ? Idenya sih oke Gan, tapi pelaksanaannya abal-abal….. Server lebih banyak mati drp hidupnya !!! Gak mutu !!! Itulah Pelayanan Birokrasi Indonesia :(

  62. Edy Purwanto Says:

    Kalau untk wlyah jatim bgmn format smsx??
    Apkah jg bsa utk mgetahui biaya denda pjak yg blm qt ktahui??
    Trma ksh utk infox boz.

  63. beni Says:

    untuk pengecekan rencana pembelian mobil wilyah pontianak bagaimana ya smsnya ke nomor berapa ya?

  64. farith Says:

    DA 7335 AC kijang keluaran 1994 apa kena pajak progresif, kemana mau cek untuk pajak Tahun 2014 ?

  65. made anang Says:

    untuk pengecekan nopol DA 7442 AR kirim sms nya k nomer brapa ya bos mohon petunjuknya,maksih

  66. chandra Says:

    Bagi Info aja untuk cek pajak kendaraan Kepulauan Riau bisa via sms dengan cara :
    Kepri (spasi) No.Pol, Kirim ke 9969,
    Contoh : Kepri BP1906NZ
    Kirim ke 9969,
    Semoga info ini dapat membantu teman” sekalian…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: